Laman

Monday, July 22, 2024

Tradisi Hoyak Tabuik di Sumatra Westkust

Hoyak Tabuik

Pariaman tadanga langang, Batabuik mangkonyo rami...

Cuplikan lirik lagu yang berjudul Pariaman ini akan semakin sering terdengar ketika akan memasuki perhelatan Hoyak Tabuik. Teaser video kegiatan tabuik akan ramai bermunculan di media sosial. Menyaksikan Hoyak Tabuik ini sangat seru dan terdapat sensasi tersendiri, terlebih ketika momen puncaknya membuang tabuik ke laut.

Wednesday, July 3, 2024

Perjalanan Menikmati Keindahan Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai Sianok memiliki pesona alam yang menakjubkan, ada misteri dan keindahan yang tidak pernah bosan-bosannya untuk dieksplorasi. Menikmati Ngarai Sianok ada beragam tempatnya. Meskipun  objek yang dinikmati itu serupa tapi sensasi tiap tempatnya itu berbeda-beda. 

Bukittinggi adalah kota yang dilewati oleh Ngarai Sianok. Ngarai Sianok terbentuk karena proses alam yang tercipta sejak jutaan tahun. Fyi, kawasan ini pun telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau sejak tahun 2018. Ngarai Sianok menjadi daya tarik utama di Ranah Minang yang sudah populer sejak zaman Hindia Belanda. Banyak foto-foto lama yang mengabadikan suasana Ngarai Sianok.

Sebenarnya ada banyak pertanyaan mengenai Ngarai Sianok ini seperti Apa yang dimaksud dengan Ngarai Sianok? Ngarai Sianok di kota apa? Berapa kedalaman Ngarai Sianok? Kapan terbentuknya Ngarai Sianok? Opss tapi kali ini tidak akan membahas itu hehe